Forum Dizi Berbagi

Posted September 21, 2017No comments | Lifestyle

Memilih AC yang Berkualitas

Cara memilih AC yang bagus, hemat listrik dan berkualitas baik serta sesuai dengan kebutuhan ruangan merupakan hal yang sangat penting sebelum kamu memutuskan untuk membeli pendingin ruangan.

Dengan AC yang berkualitas baik, kamu tidak perlu repot-repot untuk mencuci ac setiap sebulan sekali. Ya memang, normalnya mencuci ac dilakukan setiap sebulan sekali secara keseluruhan. Jika pendingin ruangan kamu sering mengalami gangguan, sering mati atau tidak dingin, itu tandanya anda salah dalam memilih pendingin ruangan.

Selain itu, pemilihan AC yang tidak tepat juga dapat membuat tagihan kita membengkak. Seperti yang kita ketahui, AC merupakan produk elektronik yang memiliki harga yang tidak murah serta memakan aliran listrik yang cukup banyak. Maka dari itu, sebisa mungkin kita memilih AC yang awet, tahan lama dan hemat listrik.

 

Tips Memilih AC yang baik

Bagi kamu yang ingin berencana ingin membeli AC atau mengganti AC kamu dengan yang baru. Berikut tips bagaimana cara memilih AC yang bagus, tahan lama dan yang tidak kalah penting harus hemat energi.

Sesuaikan ukuran AC dengan luas ruangan kamu

Kamu harus memikirkan berapa PK yang kamu butuhkan. Untuk menentukan PK, terlebih dahulu ukur ruangan kamu. Karena ukuran AC yang ingin kita beli harus disesuaikan dengan ukurangan ruangan yang ingin kamu pasangi AC. Jika kamu salah dalam memilih, bisa jadi ruangan kamu tidak dingin dan kamu sia-sia mengeluarkan biaya untuk membeli AC yang salah.

Secara garis besar, seperti ini ukuran ruangan dan PK yang dapat kamu pilih

  • ½ PK untuk ukuran ruangan 10m2
  • ¾ PK untuk ukuran ruangan 14m2
  • 1 PK untuk ukuran ruangan 18m2
  • 1 ½ PK untuk ukuran ruangan 24m2
  • 2 PK untuk ukuran ruangan 36m2

Setelah kamu mengetahui macam ini, kamu bisa memilih PK untuk ruangan kamu yang tepat.

Tentukan Tipe AC Sesuai Kebutuhan

Beberapa tipe AC yang dijual di pasaran, antara lain:

  • AC Split

Terdiri dari 3 tipe yaitu standard, low watt dan inverter. AC tipe ini memiliki dua bagian utama, bagian blower yang terpasang di dalam ruangan dan kompresor yang biasanya terpasang di luar ruangan. Tipe AC split ini banyak digunakan karena harga yang terjangkau dan pemasangannya tidaklah sulit.

  • AC Standing Floor

Pendingin ruangan ini berbentuk persegi panjang yang di pasang berdiri di ujung-ujung ruangan maupun di berbagai sudut ruangan sesuai dengan keinginan kamu. AC ini disebut juga AC portabel karena dapat dipindah-pindahkan sesuai dengan kebutuhan. Biasanya standing ac ini di gunakan untuk acara-acara khusus seperti acara nikahan dan sebagainya.

  • AC Sentral

Pada umumnya AC ini digunakan di kantor-kantor yang memiliki ruangan yang cukup banyak seperti gedung perkantoran, hotel, pusat perbelanjaan dan sebagainya. AC ini dapat mendinginkan ruangan sekaligus.

Dari tipe-tipe AC diatas, AC Split merupakan pilihan yang paling banyak digunakan oleh masyarakat, karena harga yang terjangkau dan memiliki variasi model dengan segala macam bentuk.

Pilih Merk AC Terpercaya

Saat ini banyak yang menjual produk-produk AC dengan banyak pilihan merek dan promo-promo yang menarik. Tentunya setiap merek tersebut memiliki keunggulannya masing-masing. Namun, kamu jangan mudah tergoda dengan promo yang ditawarkan. Sebaiknya pilihlah merek AC terpercaya yang sudah cukup ternama dan paling banyak digunakan oleh masyarakat.

Pilih AC dengan Fitur Tambahan

Jika kamu suka menyalakan AC ruangan lebih dari 6 jam per hari, tentu sangat penting bagi kamu untuk memilih AC yang hemat listrik. Pastikan kamu menghitung atau membandingkan AC dengan PK yang sudah kamu ketahui diatas. Selain itu, pilihlah AC dengan fitur tambahan seperti fitur pembersih udara dan penghilang bau yang tidak sedap.

Tags: Tags: ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *